PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
Personalia
Kaprodi: Prof. Dr. Suratno, M.Si
Kepala Laboratorium:
1) Laboratorium
Biologi: Sulifah Apriliyani SPd, MPd.
2) Laboratorium
Sumber Belajar Biologi: Drs. Wachju Subchan, MS., PhD.
3) Sub
Laboratorium Zoologi: Drs. Joko Waluyo, M.Si.
4) Sub
Laboratorium Botani: Dra. Pujiastuti, M.Si.
Sejarah Prodi Pendidikan Biologi
Program studii (Prodi) Pendidikan Biologi berdiri
berdasarkan SK pendirian PS No.44 t
DIKTI/ Kept 1984 tertanggal 18 Juli 1984 merupakan lembaga pendidikan yang
mempersiapkan dan mencetak colon guru biologi profesional dan berkualitas, menguasai
bidang biologi dan kependidikan, terampil di bidang teknologi informasi (TI)
serta mampu bersaing di pasar bebas.
Tahun 1984
hingga tahun 1997 penyelenggaraan kuliah dan praktikum Prodi Pendidikan Biologi
diselenggarakan di gedung I FKIP di
jalan Kalimantan III Jember dengan daya tampung rata-rata 50 mahasiswa per
angkatan. Mulai tahun 1998 penyelenggaraan kuliah dipindahkan ke gedung
biologi, gedung III FKIP UNEJ.
Proses rekruitmen mahasiswa prodi Pendidikan
Biologi dilakukan melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi dan
jalur seleksi bakat dan minat. Sejak
tahun 2006 proses rekruitmen disamping kedua jalur tersebut juga disediakan
jenis jalur seleksi Iokal bagi program non reguler.
Hingga tahun 2008, prodi Pendidikan Biologi telah
meluluskan sejumlah 870 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan
mayoritas profesi utama sebagai pendidik berbagai jenjang pendidikan baik
tingkat dasar, menengah, atas dan perguruan tinggi.
Berbagai jenis program hibah kompetisi Dikti yang
diraih Prodi Pendidikan Biologi yaitu
Semi-Que tahun 2003-2005, Hibah Kemitraan 2005, 2006, dan 2007 serta program SP-4 (Jurusan PMIPA). Hibah kompetisi tersebut telah
meningkatkan kualitas akademik secara signifikan
di Iingkungan Prodi Pendidikan Biologi. Peningkatan kualitas prodi meliputi
pembenahan kurikulum, fasilitas pembelajaran berbasis TI, kemampuan dosen dalam mengembangan
perencanaan dan media pembelajaran,
peningkatan ketersediaan referensi yang dimiliki prodi, pengembangan pembelajaran biologi bilingual (bahasa Inggris -
Indonesia), microteaching biologi berbahasa Inggris, praktek mengajar biologi
berbahasa Inggris di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI), peningkatan
penelitian bidang kependidikan biologi, tersedianya jumal yang dikelola prodi
(BIOEDUKASI) yang diperuntukkan bagi semua kalangan guru, dosen atau para
peneliti sebagai sarana komunikasi ilmiah di bidang biologi dan
kependidikannya. Disamping itu prodi pendidikan biologi juga aktif kerjasama
dan memberikan layanan kepada stakeholder khususnya sekolah dalam penelitian
kependidikan dan pengembangan model-model
pembelajaran biologi bilingual di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI).
Visi, Misi dan Tujuan Prodi
Visi
Mewujudkan masyarakat berkualitas
berwawasan iingkungan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
serta iman dan taqwa dengan menguasai bidang biologi bercitrakan kependidikan.
Misi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang profesional serta penelitian pengabdian masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan
- Membina, meningkatkan dan mengembangkan system menejemen teknologi pembelajaran yang berorientasi pada kualitas dan profesionalisme
- Membina dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain di dalam dan di luar negeri
Tujuan
Mencetak sarjana pendidikan biologi
yang profesional dalam proses pembelajaran, berbudi pekerti luhur dan mampu
memecahkan masalah secara kritis serta rasional seiring dengan perkembangan
IPTEKS
Sasaran
- Menguasai teori dan ketrampilan ilmu pendidikan biologi
- Menguasai unjuk kerja dalam bidang keguruan bagi colon guru biologi
- Memiliki sikap, nilai, kebiasaan dan kecenderungan terhadap kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai tenaga pendidik bidang biologi
Spesifikasi Kompetensi Lulusan Program Studi Pend. Biologi
Kompetensi Utama
Mempunyai pengetahuan dan ketrampilan
bidang biologi sehingga dapat mengikuti dan memahami perkembangan biologi baik
secara keilmuan maupun aplikasinya dalam bentuk teknologi selanjutnya diadaptasikan dalam bentuk pendidikan
dan pembelajaran di sekolah jenjang SMP, SMA dan yang sederajad.
Kompetensi Pendukung
- Terampil dalam merancang. mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi program pembelajaran biologi berbasis teknologi informasi
- Berwawasan dan bersikap profesional sesuai bidang tugasnya serta mempunyai kepedulian tinggi terhadap masalah pendidikan biologi
- Berwawasan dan berpengetahuan luas bidang biologi dan pembelajarannya yang mernungkinkan dapat melakukan komunikasi ilmiah dan bersikap ilmiah dalam mengembangkan ilmu biologi dan pembelajarannya
Kompetensi lain
Mampu menyelenggarakan penelitian dan menganalisis
hasil penelitian bidang biologi dan bidang pembelajaran biologi
KONDISI SUMBERDAYA DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRODI
PEND. BIOLOGI
Sarana dan Prasarana
Program Studii Pendidikan Biologi menyediakan
ruang kuliah yang nyaman, laboratorium Biologi, Sublab Zoologi, Sublab Botani,
Laboratorium Sumber Belajar Biologi, Perpustakaan, Laboratorium Lapangan, Kebun
Percobaan, arena diskusi mahasiswa, Internet, green house dan musholla.
Kuliah dilengkapi fasilitas laboratorium biologi,
dengan sub laboratorium botani dan sub laboratorium zoologi dengan tingkat
frekwensi pemakaian yang sangat padat karena tidak hanya melayani kegiatan
praktikum seluruh matakuliah, tetapi juga berbagai kegiatan penelitian
mahasiswa, dosen dan Iayanan dari pihak Iuar prodi Pendidikan Biologi baik dari internal UNEJ maupun dari luar UNEJ.
Prasarana tersebut didukung dengan sarana
pembelajaran multimedia dan E-learning serta
jaringan Internet yang dapat diakses
sewaktu-waktu. Laboratorium Sumber Belajar Biologi (LSBB) juga menyediakan CD
pembelajaran mutakhir yang menunjang perkuliahan dan koleksi buku-buku text
berbahasa Inggris keluaran terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa
secara cuma-cuma. Pembelajaran di kelas sebagian besar sudah menggunakan LCD.
Kualifikasi
Staf Pengajar
Tenaga pengajar di program studii pendidikan
Biologi memiliki kualifikasi cukup baik dengan dosen berkualifikasi Doktor dari
Universitas dalam dan Iuar negeri (25,0%), magister (37,5%), dan sarjana
(37,5%)
Kualifikasi dosen terus menunjukkan perkembangan
yang sangat positip yang ditandai sebagian dosen sedang melanjutan studii,
yaitu sebanyak 2 orang sedang menempuh program doktor, 2 orang sedang menempuh
program magister. Prodi pendidikan biologi mendorong setiap dosen untuk
meningkatkan kualifikasi pendidikannya hingga jenjang tertinggi sehingga
diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas akademik
internal.
Dosen pendidikan biologi memiliki produktivitas
penelitian yang cukup baik, yang ditunjukkan oleh aktifnya dosen dalam
penelitian biologi dan kependidikan baik dalam penelitian kompetitif,
penelitian kerjasama dengan pemerintah daerah dan intansi terkait maupun
penelifian mandiri. Penelitian dosen kompetitif yang telah dilakukan dosen prodi
pendidikan biologi meliputi penelitian dasar (litdas), Riset dan Teknologi (Ristek), penelitian kependidikan baik
classroom action research
(CAR) maupun research for improving instructional (RII) yang
digulirkan oleh dirjen dikti.
Beberapa Staf prodi pendidikan biologi juga aktif terlibat dalam penelitian pengembangan kependidikan di beberapa
kabupaten, baik Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Pasuruan.
Pembelajaran Bilingual dan Hasilnya
Pelaksanaan pembelajaran dengan
menerapkan Kurikulum Berbasis
Kompetensi dan menggunakan pembelajaran
bilingual pada
sebagian besar matakuliah. Pembelajaran bilingual dilaksanakan secara proporsi gradual, yaitu pada semester awal
diberikan dengan porsi yang sedikit (hingga 25%) dengan tujuan agar
mahasiswa dapat menyesuaikan diri.
Secara berangsur pada semester berikutnya proporsi pembelajaran berbahasa
Inggris ditingkatkan. Dosen diberikan kewenangan untuk mengembangkan
pembelajaran bilingual.Pembelajaran bilingual di prodi pendidikan biologi telah menghasilkan produk yang menggembirakan, yaitu tahun 2007 sudah menghasilkan 20 colon guru (40%) yang mampu mengajar dengan duo bahasa (Inggris dan Indonesia) yang diproyeksikan mengisi kebutuhan guru baru di Sekolah Bertaraf Internasional.
Beasiswa
Terbuka kesempatan bagi mahasiswa
untuk mendapatkan beasiswa dari institusi negeri maupun swasta dari dalam dan
luar negeri diantaranya PPA, BPM, Supersemar, BTP (Bantuan Tabun Pertama), BSM (Bantuan Studii Mahasiswa), PT
Djarum, Marubeni, Lovin, Beasiswa
Jepang, BI, dan lain-lain.
Lulusan
Lulusan program studii Pendidikan
Biologi mendapatkan ijazah Sarjana Pendidikan (SPd) dan sekargus sertifikat
mengajar akta IV, bagi lulusan akan terbuka lebar kesempatan untuk :
1) Berprofesi sebagai tenaga pengajar di Depdiknas
sebagai guru SMP/SMA/SMK maupun DEPAG guru MTs/ MA.
2) Konsultan pendidikan IPA dan profesi sejenis
lainnya.
3) Staf pada beberapa departemen yang relevan
(deptan, Departemen Kelautan dan Perikanan, BKSDA, dan departemen lainnya),
ataupun instansi swasta.
4) Berkesempatan melanjutkan ke jenjang S2 bidang
kependidikan maupun non kependidikan Universitas dalam negeri maupun luar
negeri.
Dokumentasi kegiatan Studi Lapangan di Kebun Raya Purwodadi
titanium sponge | the ultimate resource for crafting the best
BalasHapusTitanium titanium granite is titanium fat bike a plastic-based design that enables you citizen promaster titanium to cobalt vs titanium drill bits use it for all your craft purposes. blue titanium cerakote Its material is suitable for use with fine and